Membaca taktik perang, New Vixion vs CB 150R

8 11 2012

Kali ini RmX mencoba menganalisa taktik perang dari kedua pabrikan yg lagi gencar2nya berseteru dikancah 150cc.

Sebagai pendatang baru, Honda merasa unggul dengan spek yg digendong oleh Si CB streetfire. DOHC dan fitur2 yg boleh dibilang komplit jika dibandingkan dengan Vixion Old dulu ketika diluncurkan. Namun Yamaha tak mau termakan oleh Ancaman dari DoHC nya Cb150R ini, Yamaha pun masih pede dengan new Vixion yg masih SOHC, mengingat perang juga masih belum dimulai dan baru pemanasan saja. Lalu bagaimana kira2 taktik perangnya nanti ?

Kita Mulai dari pendatang baru, Si Streetfire Honda CB150R. Satu hal yg mungkin RmX lihat dari fitur2 unggulan si CB ini adalah : DOHC, Rem Cakram depan belakang, Speedo digital, dan sasis teralisnya merupakan suatu yg lebih jika dibawa oleh si pendatang baru. Jika dibandingkan  dulu Vixion sebagai pendatang baru yg hanya mengusung fitur2 seadanya, ban kecil, speedo analog, cakram baru didepan saja. Memang si CB lebih lengkap. Tapi ingat si Vixion kala itu hanya dibandrol 18 jutaan saja. Nah karena memang makin laris dari waktu kewaktu hargnya makin nain saja hingga jadi 21,7jt. Padahal facelift hanya dominan di sektor warna dan headlamp saja. Pantaskah jika dari 18jt naik ke 21 jt ? pantas gak pantas ya  terserah, Buktinya Vixion tetap laku dan laku. 😆

Mengingat lawannya waktu itu tidak ada yg sepadan. Vixion seolah2 dianggap konsumen yg mampu memberikan value lebih dibandingkan pabrikan lain. Lalu coba bandingkan dengan sekarang ? jika New Vixion dan dibandrol di angka 22jt/23jt, apa gak kepikiran bro, murah dong ? mossok ??  😆 sebenarnya bukan murah bro, tapi memang sudah pantas segitu.  Nah sekarang baru nyadar kan, kalau selama ini beli motor itu kemahalan ??  :mrgreen:  Lalu bagaimana dengan harga baru dari si CB ? jika AHM memasang harga di angka 22-23jt RmX rasa masuk akal. Karena sesuai dengan value yg diberikan. Dan mungkin ini adalah taktik dari HONDA untuk mematahkan image bahwa, Honda juga mampu memberi value lebih untuk konsumen ketimbang Vixion bahkan new Vixion sekalipun. Jika benar ini adalah murni engine CBR 150, maka ini adalah ancaman yg serius buat vixion lightning. Jika yamaha ingin kembali menang dalam pertarungan kali ini, Yamaha harus memakai taktik lama lagi, yakni harus berani perang harga dengan Honda lagi seperti dulu. Maka sebaiknya Yamaha harus memasang harga dibawah dari harga si CB. Berapa kira2 harga yg pas ?? Menurut RmX ya diangka 22jt saja. Karena di angka itu kemungkinan Honda sulit untuk bersaing dengan Yamaha buat si CB. Tapi Kalau Honda memang ingin berniat sekali merebut singgasana vixion maka hal itu harus dilakukan. Hanya saja Yamaha kemungkinan masih sangat PEDE sekali dengan New Vixion lightning. Selain itu Ego New Vixion bisa jatuh jika dipasang harga mepet dengan Byson. Tapi Mungkin Time will tell, Jika New Vixion mampu bertahan dari gempuran sengit CB 150 streetfire, bolehdeh harganya naik lagi dari waktu kewaktu :mrgreen:  Lalu bagaimana perasaan dari pemilik vixion old ??  ya mesti tutup kuping aja, lha ini kan juga pernah terjadi pada honda, kasus vario 110 dan vario 125 masih ingatkan ??? :mrgreen: Dan bentar lagi Honda juga melakukan hal yg sama buat konsumen loyalnya yakni, konsumen New Megapro.

Lalu bagaimana nasib si Byson dan scorpio  ? sikebo dan kalajengking bisa ditinggalkan dong ? ya mau gak mau Yamaha harus segera menginjeksikan si kebo dan kalajengking plus dikasih cakram belakang, dan cukup menaikan harga 500rebu saja. Karena memang hanya itu yg kurang dari sikebo dan kalajengkin saat ini jika dibandingkan dengan new vixion.

Dari kubu Honda, tidak cukup hanya dengan taktik membunuh vixion dari segi harga,  memang bisa saja mepet di harga new vixion 22jt. Tapi tentu ini akan membunuh adiknya si megapro. Ini menurut RmX sangat bahaya bro sis.  Namun jika Honda sudah yakin akan melakukan ini, maka mungkin saja nasib dari new Megapro tidak akan  lama lagi. Dan mungkin hanya akan tinggal kenangan. Mungkinkah akan digantikan oleh K18 yg punya spek dibawah megapro ???  Karena memang new megapro sangat dan sangat jauh sekali ketinggalan dari segi spek engine dll ketimbang Cb150R. Sedangkan harga hanya beda tipis jika CB dipatok di harga 22jt. Kalaupun di facelift injeksikan, hanya akan menaikan harga lagi ? so harus diganti dengan motorsport yg lebih murah harganya namun dengan spek yg sejajar new megapr0. Mungkin saja Megapro generasi ke 2 ini akan digantikan oleh K18 yg bisa saja tetap diberi nama New Megapro. Wah sikebo main sendirian dong ? Tenang, kalau si vixion aja klepek2 sama si teralis, apalagi si kebo ??? wkwkwk :mrgreen: Lagipula kemungkinan harga dari New Megapro K18 mungkin akan lebih murah dari megapro sekarang, atau bisa jadi akan sama plek. 😆

Demikian prediksi taktik dari kedua pabrikan kali ini, Benar tidaknya analisa RmX tentu gak masalah kan buat bro ?? namanya juga Prediksi. Jika benar ya itu kebetulan, jika salah ya wajar kan..


Actions

Information

14 responses

8 11 2012
irza4627

mantab analisanya bro

250cc bike sound comparison

8 11 2012
ridermatrix

sipp bro.. 🙂

8 11 2012
8 11 2012
ridermatrix

wkwkwkw.. yg nuduh saya fbh pasti fby… :mrgreen:

8 11 2012
yudha depp

enggak nyambung kalau yang nuduhnya dari FBK
wkwkwkkkk
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/11/petinggi-yamaha-akhirnya-bernafas-lega.html?m=0

8 11 2012
yudha depp

Siap-siap saja entar dituduh sebagai FBH loh,
qiqiqiii
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/11/saingan-terberat-cb150r-di-masa-depan.html?m=1

8 11 2012
mbah_suro

Perang belum dimulai,karena dagangan belum tersedia di pasar.

8 11 2012
wawan

sy nunggu aja mtrnya aja blm ada dipasar,tp sy pgn cbr

10 11 2012
Harry

masukan buat semuanya, minggu kmarin pertama setelah keluar bentuk cb150r sepertinya modelnya jiplak banget spt new vixi lawas. tapi setelah dilihat bener2 dibandingkan sm vixi baru kaya’nya vixi modelnya “gak sip blasss”.. coba lihat bener2 cb150r nya, sy pikir menarik sekali..

13 11 2012
helmi

cb150r lawan new vixion sepertinya pertarungan yg tdk seimbang. terutama mesin yg beda jauh. cb punya 17 koma sekian dk (13,1 kw/0,746 kilowatt) sedangkan vixi hanya 14,8 dk. belum lagi tranamisi yg 6 speed diadu dg 5 speed. 5 speed kalah gengsi coz masih kayak motor touring sprti nmp yv juga 5 speed. boleh saja vixion menangkis serangan cb dg mengubah desain body namun yakin saja bhwa mesin lebih diperhatikan oleh konsumen motor sport indonesia. apalagi tampilan cb150 tidak jelek2 amat bahkan boleh dibilang seimbang dg vixi, mengingat saya pribadi menilai tampilan cb walaupun mirip old vixi tapi ttp lebih fresh. vixi berusaha memperbaiki tampilan dg baju baru dan mungkin sedikit lebih baik daripada old vixi. so, saya rasa tampilan keduanya mempunyai nilai sama. jika yamaha dinilai lebih unggul, sangat tipis keunggulannya. meskipin demikian tampilan honda cb 150 sangat lah cukup untuk dipandang mata. soal sasis yamaha mungkin sedikit lebih wah karena deltabox. tapi honda mengakali sasis double cradle nya dg tambahan besi melintang sehingga mirip teralis shg mampu menutupi kekurangan sektor sasis. dari segi sasis dan tampilan vixi unghul tipis dari cb. tapi dg mesin dohc bertenaga 17 dk dan transmisi 6speed yakinlah bahwa vixi tidak akan berdaya menghadapi cb. tidak ada gunanya bodi sebuah motor sport jika tenaga memble, meskipun tidak semua pengguna motor sport suka kebut2an. yamaha harus segera menyiapkan amunisi baru utk mempertahankan
tahta raja motor sport indonesia atau ini mungkin adalah titik balik yamaha.

13 11 2012
ridermatrix

yups, analisanya masuk akal bro..

16 11 2012
Brotherhood

New vixion lebih bagus kok dari cb 150. Kenapa? 1. Secara engine, SOHC sgt cocok utk perkotaan dan stop n go 2. Irit bensin 3. Close loop, kalau cb 150 masih Gak >:/ jelas open atau close loop 4. Design, menurut saya masih lebih bagus new vixion drpd cb 150. Dari tutup tangki, ban belakang sampai kunci kontak jelas new vixion lebih future 5. Delta box jelas lebih untung saat di cornering, pasti lebih stabil.
Itu sih menurut saya, bagi yg punya opini lain silakan saja, yg penting jangan saling mencela karena tdk ada untungnya buat kita semua…

5 12 2012
andra

untuk masalah itu kita liat aja bro,
karna bagi aye kecepatan bkn hal yg utama,ya mungkin karna aye tinggal di jakarta dan pendapat keinginan org berbeda beda….,klo trek jalan pendek aja boleh ko di adu,karna w tau kondisi jalan dijakarta ga da yg sepi lurus panjang plong itu terbukti dgn keberhasilannya vixi lawas selama bertahun tahun merajai penjualan 150 di indonesia,mungkin org tertarik bkn karna disain vixinya saja tetapi karna nama pabrikannya itu sendiri yaitu yamaha,aye jg bingung knp yamaha seperti magnet buat konsumen dan ga mau lepas ap karna lambangnya yh unik…,aye bkn hanya sekedar ngomong tp ini nyata…

5 01 2013
juen

produk honda always good

Leave a comment