Apa yang bikin MAHAL sepeda motor ??

12 09 2012

Kebanyakan sih motor2 jepun yang bandrol harganya cukup tinggi, untuk motor2 lain seperti motor india apalagi motor china yang beredar dipasaran harganya relatif lebih murah, meskipun yang lebih mahal juga banyak. :mrgreen:  Kalau dikaji secara awam, apasih yang bikin harga sepeda motor itu mahal ? coba diperhartikan lebih detail, mulai dari body luar sampai kedalam jeroan mesin si motorcycle ini. cuma semacam tumpukkan besi, logam,plastik dan material lainnya yg disusun trus dikasih roda dan bensin lalu ngacirr deh.. (bukan dibakar yah) tapi kok bisa mahal yahh?? kalau di kiloin tuh besi ama plastik trus dijual paling duitnya berapalah kali ya ??

Jawabannya bro mungkin begini ” emangya gampang apa bikin tumpukkan logam dan plastik itu bisa berlari kencang dan nyaman dikendarai?? otomatis kalau di ambil intisari jawaban ini adalah, teknologinya yang bikin mahal bro. lalu kenapa motor india dan motor china bisa lebih murah harganya jika dibandingkan dengan motor sekelas?? apa itu teknologinya kurang bagus ? jwabannya bisa “YA” bisa ” Tidak” atau “Belum tentu”

Sebenarnya tidak hanya faktor technology saja yang mempengaruhi harga dari sebuah sepeda motor, akan tetapi semua aspek dari sebuah produk itu juga sangat berpengaruh terhadap sebuah motor. mulai dari aspek produksi, sales, hingga after sales pun sangat berpengaruh sekali. sebut saja satu sepeda motor jepang yang harganya 20 juta, jika dibandingkan dengan motor lain, motor india misalanya, dengan spesifikasi yang sama harganya bisa lebih murah 5 jutaan. bahkan spek mesin mungkin lebih tinggi, saat mengendarainyapun gak kalah kencang sama motor jepun,  dan ketahanan mesin juga sama saja. tetapi kenapa harga bisa terpaut jauh lebih murah dibandingkan dengan motor jepun???

Kita mulai dari faktor produksi, untuk motor jepang yang 20 juta tadi, seharusnya cost nya bisa lebih murah, karena diproduksi dan dirakit dimarih, sedangkan motor india malah di impor dan baru dirakit di marih. tapi belum tentu bisa lebih murah, karena bisa saja material yg digunakan memakai material yg lebih mahal, sehingga membutuhkan teklogi yg lebih tinggi. sebut saja logam untuk membuat blok mesin, jika material lebih mahal dan lebih kuat , maka teknolgi produksinya tidak bisa dengan teknoloi produksi konvensional. pasti butuh mesin/robot yg lebih powerfull dan canggihuntuk membuatnya.  kemudian cost produksi dalam negri bisa jadi lebih mahal karena besarnya UMP dan UMR dimarih lebih mahal dari negri shahrukh khan dan negrinya jet lee. untuk 1 sepeda motor, terdapat puluhan part dan aksesoris lainnya, tentu saja itu gak semua diproduksi oleh satu pabrik, melainkan banyak pabrik berbeda2, sebut saja SHOWA yg khusus bikin shockbreaker, lalu dikirim ke AHM untuk disatukan jadi motor,   kalau ditotalin ada berapa pabrikan coba yg bikin part2 dari 1 biji sepeda motor ??  nah, berapa cost yang dikeluarkan coba?? kalau dibanding pajak impor, mana yg lebih gede ? (itung aja ndiri ) pantes rasanya kalau pabrikan besar lebih memilih China dan india sebagai basis Industri. selain cost yg murah pajak produksi yg lebih ringan plus (Katanya) negaranya stabil dan aman bro. bener gak sih ??  😆 Imho

Kedua pada faktor salesnya, Nah seharusnya pada faktor ini motor jepun bisa lebih murah cost promosinya. karena kita jarang sekali melihat motor jepun dgn harga 20jt misalnya tampil iklannya di TV. jika dibandingkan dengan motor India misalnya, malah lebih sering. kenapa ??? untuk motor jepun malah anggapan sebahagian orang gak perlu di promosikan/diiklankan akan laris juga, malah yg gak di bikin iklan makin dicari sama orang. Nah, kenapa masih bisa Mahal ??

Ketiga faktor After salesnya, Meskipun motor jepun dikatakan berkualitas, Motor India juga boleh dibilang berkualitas. tapi yang namanya mesin yang selalu bergerak, pastinya butuh perawatan juga toh? biar dikata material mesin lebih bagus, tetap saja akan rusak juga, minimal akan aus. tentu saja suku cadang dan bengkel resmi akan dipertanyakan kesiapannnya. jika motor sudah dijual tapi bengkel resminya gak ada bisa gawat bro. mau dicari dimana partnya?  trus kalau sudah ada bengkel resmi, lalu partnya gak ready ya sama saja. kalau udah langka begitu partnya, biar mahal sekalipun pasti konsumen akan beli juga.  makannya motor jepun bisa berbangga dikit dalam hal ini. :mrgreen:

Pada intinya, seonggok besi dan plastik ini pun gak bisa dianggap remeh. dia akan jadi benda yang mahal, jika dia disuguhi dengan berbagai layanan yang memuaskan. karena tentunya harga yang mahal tidak saja berasal dari teknologynya yang tinggi. akan tetapi faktor aftersales yang mumpuni,sehingga memberi kepuasan bagi penggunanya. dengan kata lain, faktor utama dari itu semua adalah, untuk KENYAMANAN Konsumen.

Jadi Jika ingin besar, maka anda harus membuat orang yang membutuhkan anda merasa NYAMAN. bukan hanya nyaman dalam berkendara, tapi juga nyaman dalam mennyelasikan masalah konsumen. jika sudah nyaman, anda mau pasang harga berapapun pasti gak masalah, tentunya dalam batas yg sewajarnya.

Ada kualitas, ada Harga !! jika harganya lebih murah, pasti ada yg kurang.:mrgreen:


Aksi

Information

11 responses

12 09 2012
Ari CX Rider

Ada kualitas, ada Harga !! jika harganya lebih murah, pasti ada yg kurang.:mrgreen:

—————-

SETUJU .. ! ! ! !

12 09 2012
ridermatrix

sippp mas bro..:mrgreen:

12 09 2012
bapakeVALKYLA

kalo di Indonesia, yg mahal pajaknya….

12 09 2012
ridermatrix

bener mas bro ..🙂

12 09 2012
yudha depp

Apa yang bikin MAHAL sepeda motor ??

*******
Merk bro yang buat mahal
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/09/punya-moge-koq-lebih-parah-dari-alay.html?m=0

13 09 2012
ridermatrix

bener juga ya bro..🙂

17 09 2012
Mister Tiger

Jika sepeda motor seperti Honda Tiger dijual senilai 25 jutaan, itu memang wajar. Jika sandal jepit seharga ratusan ribu, kurang ajar itu penjual. Pembeli sandal juga dipastikan tidak diajar ke arah yang benar.

16 10 2012
tiger

Coba deh lihat BPKB…., kalo gak salah harga Honda tiger revo gak nyampek 10 juta…., gara2 Pajak yang bikin mahal

4 10 2014
xcd125

gak juga lah…. mnurutku sih murni karna merk, buktinya walau banyak dealernya di daerah2 terbukti sparepart honda n yamaha sama parahnya dengan motor merk lain *proved by me n friends
sudah pernah cek harga di indihe kah ts untuk pulsar 180…byson…n nmp?? disana pulsar 180 yang paling mahal diantara ke 3 nya, begitu import ke sini jadinya gimana??? trakhir pulsar 180 seharga 17 jt… byson 20.5jy…. nmp 20 an juta juga
so??? ini jelas yang menentukan harga ya merk tadi itu…

19 01 2016
Arif budi sampurno

😱

24 03 2016
ahmad

kalo india gaji buruh lebih murah dari indonesia, makanya motornya bisa lebih murah
kalau di china produksi masalnya gila gilaan, zongshen pemasok mesin motor honda bisa bikin ratusan ribu unit mesin sekali order ! ingat dalam istilah dagang, partai besar jatuhnya lebih murah ketimbang pesan sedikit.

gaji buruh bisa di bandingkan dari income percapita
https://en.m.wikipedia.org/wiki/List_of_countries_by_GDP_(nominal)_per_capita

china. USD 8.280,-
indonesia USD 3.416,-
india. USD 1.688,-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: