Lama gak bikin postingan, kali ini RmX mencoba sedikit membahas mengenai perbandingan dari sikuda besi Yamaha dan Honda terbaru dikelas sport naked 150cc ini. Karena masih banyak yg ingin tahu akan kelebihan dan kekurangan dari kedua motor ini jika dibandingakan dari semua aspek, baik itu dari segi mesin, performa dan tampilannya. Maka kali ini RmX akan coba kupas lagi agar bro dan sis sedikit terbantu untuk menentukan pilihan mana yg lebih cocok buat pemakaian dan karakter bro sis nanti.
Artikel RmX kali ini mencoba untuk fair saja, tidak bermaksud untuk mengangkat/menjatuhkan pamor salah satunya. Tanpa ada embel2 fanatik terhadap brand manapun, mengingat gak ada untungnya buat RmX dari segi financial maupun segi Non Financial.
Kita Mulai dari Vixion dulu ya, Benarkah Jika DOHC engine itu lebih baik ketimbang SOHC engine ? Tak dipungkiri ini akan menjadi topik yg akan hangat nantinya, layaknya kasus Satu silinder vs dua silinder yg akhirnya dimenangkan oleh dua silinder. Secara penilaian konsumen memang DOHC lebih unggul ketimbang SOHC, Namun jika dilihat dari segi Fungsi dan pemakaiannya akan lain ceritanya. Sebut saja, Vixion yg SOHC overstroke akan sangat dominan jika dipacu stop n go, dikeramaian dan di kemacetan Vixion akan lebih perkasa. Begitu pula jika dibawa touring, vixion akan lebih superior jika dihadapkan pada jalanan yg berkelok2 dan mendaki. Karena SOHC overstroke engine tarikannya lebih spontan RPM awal plus Deltabox yg pakem dibawa meliuk2.
Tendangan tenaganya juga langsung terasa pada saat mesin dihidupkan. Suara knalpot yg bikin adrenalin menggelegak, plus sapaan Hi-Bro tentu akan membuat Rider semakin menyatu dengan tunggangannya. Dan boleh jadi ini akan menjadi keunggulan si vixion nanti. Ban yang besar, speedo digital, power naik, cakram depan belakang sudah memenuhi expectasi konsumen selama ini. Jika kick starter dihilangkan, itu sebenarnya tidaklah terlalu buruk bagi new vixion. Bahkan menurut RmX no worry aja. Lagipula gak ada efek negatifnya bro. Kemudian headlamp mungkin memang kurang solid dengan body, harusnya Yamaha membuat semacam striping untuk headlamp dan jangan pasang warna polos. Kalau mau lebih bagus ya dirombak jadi lebih tajam kayak headlamp si Streetfire.
Memang jika difoto dalam kondisi terpajang new vixion terlihat kurang cakep, mungkin karena gak fotogenik. Tapi jika difoto pada saat ditunggangi oleh rider, akan membuat bro terkesima, vixion terlihat lebih berotot dan Racy abiz karena desain ekornya yg meruncing dan terkesan lux alias mewah.. bahkan jika bro yg menungganginya sendiri.
Jadi intisarinya adalah, New Vixion memang sangat menggoda, New Vixion lebih cocok buat pemakaian stop n go, moge look ketika di tunggangi, bikin bro dan sis lebih pede, lebih ekonomis soal BBM. Hanya saja kurang cocok jika dibawa touring pada trek yg lurus dan panjang. Inilah mungkin kekurangan dari new Vixion. Pada putaran atas agak ngos2an, suara mesin kurang enak didengar di RPM tinggi. Ditambah lagi karakter mesin yg overstroke SOHC. makin tinggi RPM makin kasian kita menggebernya 😆 Tapi enak dan stabil jika dibawa 90km/j.
Lalu gimana dengan CB 150 Streetfire ? Honda memang merancang ini agar lebih kompetitif dengan Vixion, ingat Vixion bukan New Vixion. Kenapa RmX bilang begitu ? karena dari desain menurut RmX kurang fresh dan mungkin masih konvensional ketimbang New Vixion. Hanya saja DOHC engine dan Teralis frame nya mampu memberikan kesan Modern buat si CB ini. RmX melihat bukannya gak bagus. Atau memang desain dari CB ini menganut desain eropa punya ? Namun kalau dilihat2, memang si CB lebih cocok diajak ngebut nih, Teralis membuat Vibrasi lebih minim dan mengurangi gesekan dengan angin. Sepertinya akan stabil dan enak jika digeber diatas 100km/j. Cocok jika touring di trek yg lurus dan panjang, makin digeber makin ngacir, malah kita yg bawa kalau gak kuat mental bisa bahaya. Suara mesin juga makin menggoda bro di RPM tinggi. Mungkin new Vixion akan kewalahan mengejarnya. Bukan karna faktor 6speednya si CB atau 5 speednya si Vixi. Tapi karena karakter mesin dari CB memang lebih superior, DOHC overbore. Hanya saja CB menang telak atas Vixiy akan jarang terjadi kalau didalam perkotaan. Lalu bagaimana diputaran bawah ? tidak begitu buruk mungkin, mengingat bobot dari CB lebih ringan dari CBR, tentu Power to weight ratio tidak akan terlalu jauh dibandingkan new Vixion. Meskipun torsinya lebih kecil dari new Vixion. Namun harus diakui kalau New Vixion akan lebih Garang di perkotaan.
Apalagi new vixion sekarang pakai ban yg lebih besar dari ban CB. selain ban yang kecil, dashboar dan bagian ekor CB kurang fresh bro, agak jadul, tapi soal headlamp memang lebih top ketimbang new Vixion. 😆
Intinya adalah, CB 150 R streetfire akan superior di Trek yg panjang dan diajak touring. Namun tidak terlalu buruk jika dalam perkotaan. Soal BBM mungkin gak se ekonomis Vixion, tapi jika pemakaian normal mungkin gak kalah irit dengan vixion. Kalau didalam kota, mungkin New Vixion boleh deh berbangga, fresh look dan ngacir meliuk2. Tapi kalau ketemu waktu touring, lebih baik new Vixion jangan coba2 menantang si CB. bisa malu2in..
Nah semua akan terbukti bagaimana nanti ketika dibawa test jalan. Saran saya, Kalau bro mau beli lebih baik di pertengahan tahun 2013. Dengar dulu pendapat teman yg sudah pernah nyobain si CB dan New Vixion. Nanti mana yg sudah terbukti baru deh bro dipinang. Jangan sampai nanti sudah kebeli tapi gak puas ? tapi kalau mau puas ya beli aja dua2nya bro, satu buat gaya2an satu lagi buat touring.. 😆 gimana ? asyiik gak tuh ?? Kalau RmX sih lebih milih New Vixion bro.. 🙂
Pertamax gan!!!
Bagusan CB150R
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/11/saingan-terberat-cb150r-di-masa-depan.html?m=1
selamat dan makasih kunjungannya gan… 🙂
yang lebih bagus dari CB150R ada di sini gan»»»»
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/11/kawasaki-ninja-200r-untuk-indonesia.html?m=1
Pilih Piksion aja…
sipp silahkan… 🙂
walaupun saya memilih CB150R
hari ini petinggi yamaha bernafas lega loh akan new vixionnya
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/11/petinggi-yamaha-akhirnya-bernafas-lega.html?m=0
Desain tutup tanki New V-ixion lebih sporty dan keren,kalau tutup tanki CB150R njendol kayak onde-onde.
“̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮
10 besar
Biar bagaimana mesin DOHC lebih gahar dan ngacirrrr
tp dua2 manatafff pny kelebihan dan kekurangan Thx gan Infonya
buat para rider silakan pilih sesuai kebutuhan ane bantu sundul aja baut ridermatix
kalo ane milih cb gan, meskipun entah kapan bisa beli
hehehehe
cocok buat kebutuhan ane
sering ke luar kota, trek lurus panjang.
dan semoga akinya lebih baik dari kaka dan adiknya.
Saya pilih vixion
Motor <250cc mah baiknya SOHC aja emank.. Klo 150cc DOHC itu rasanya bukan kyk DOHC sungguhan. hehe.
honda donk!!
dah terbukti…
yg udah bosen pikson biasany pilih si cb..
bingung mau bli vixion 2013 apa byson ya
pilih vixion donk, klo honda remnya kurang pakem
Bli 22nya bro klw bngung,klw aku cb aja !
Reblogged this on fahrulfafa and commented:
Add your thoughts here… (optional)
kapan bisa keluar Vixion new?? uda gak sabar nih pengen beli
Janji 2013 keluar,, tapi sampai sekarang Yamaha redup sekali infonya… kalau gak keluar januari ini terpaksa Vixion new akan jadi musuhku di kemudian hari,.. liat aja
wkwkw
Cb apaan.pa gak ngaca ahm modelnya aja nyotek vixi yg lama.buat bodi sendiri dong.gak blade gak cb nyontek bedanya dohc aja
Ingat jantung pak, ingat jantung…. hehehe
malu2 in CB nyontek,,ngga salah loe,,yg jlas tu vixi ccd yg nyontek,,,CB sebenarnya udah lama ada,,,udah dri taon 80 an
cb 150 nyontek vixi lama.kalao ahm gak bisa buat bodi tidur aj
Udh tau model vixi byk yg suka.ahm pandai langsung nyontek aj.seprti orang cina
kalo gue pilih belalang tempure ksatria baja hitam !!!!!!!!!!! cukup di panggil namanya lagsung bisa meluncur ke kita ckckckckckcck
new vixy dunks,,,, velk udah lebar,,,tinggal ganti ban blakang ukuran 150, ganti knalpot R9…. cb speedometer nya kurang mantaf
Aq sich lebih prefer k new vixion.. Desain fres n engine dah trbukti dr th 2007 gg da msalah brarti… Klo cb biar kata orang desainya bgus tp bagi aq bosan sbelum mmbeli krnah hmpir mirip sma old vixion…
jd + bingung milih yg mn??!
tp pikiran saya msh larinya ke new vixion….
oia,soal kick starter…pengaruhnya gede ga??
misal aki sakit kn berabe
untuk engkol…pengaruhnya gde ga?? klo aki lg sakit kn berabe!
HONDA stile habis…….q suka bnget honda kini udh meningkat agak gaul….jngan kalah sma vixion,,,,modelnx lebih ramping lgi…..
Haha tidak bisa di pungkiri CB150R jauh lebih baik.. terbukti dari setiap vote yang diadakan. Si “Teralis” pemenangnya
kalo buat ngelaju jogja – magelang tiap hari cocokaan yang mana ya? butuh saran nih…
Begini saja, saya hanya bisa kasih klasifikasi potensial buyer:
Dalam keadaan standart:
A. Yang doyan NGEBUT bisa pilih CB150R SF, kitiran mesin melengking 11,5 oktaf.
B. Yang doyan CORNERING bisa pilih NVL, tikungan lebih anteng, lebih hemat waktu di tikungan, torsi besar lebih irit BBM (dikit).
Buat modif:
A. Tantangan terbesar ada di CB150R SF, tentunya tantangan besar hasilnya pasti lebih GAHAR, cocok buat yg ANTI tampilan STD.
B. NVL lebih cocok utk modifikator NEWBIE, modal dikit sudah bisa gaya (cukup ganti TIRE & HEADLAMP BYSON ProJ)
Kesimpulan:
Tipe Konsumen A: Speed Freak, Modifikator Senior (pemain lama), FBH
Tipe Konsumen B: Smooth Racer, Newbie Modifikator (modal cekak), FBY
klo buat kerja dua22nya bagus. CB kan seperti halnya vixion + satria FU. mesin lebih galak di putaran atas, cuman untuk umur liner piston. lebih awet Cb dari pada vixion. lebih pendek langkah lebih awet umur piston. contohnya aj hsx 125 kan kasusnya overstroke pasti kelemahannya di kampas kopling ma liner aj . so ad kelebihan kekurangan. klo efisiensi BBM lebih prefer ke vixion dah….
yamaha bro,udah terbukti.yang lain cemenn….
cb150r asik banget gan..aku mo ganti motor nmp ke cb150 r kpn keluar.. kalu vixi cuma diasapi aza..karna sdh aku geber nonstop 6 jam gpp..vixi ngos2an..
kpn ya ngaspal na gan?
Model CB masih jadul terutama tangki bensinya tidak ada inovasi. model headlamp new Vixion betul-betul mengganggu (kegedean dan gak sporty) harusnya lampunya gak usah diubah krn vixion lama sdh oke…aduh jadi bingung..apa beli new vixion lalu headlampnya diganti model lama aja ya??…
tullll,,,,,,,,emang honda dri dulu jadul kog
emng yamaha tiada tandigan nya brow,,,,,,,,,,,,dri dulu yamaha emang pling mantap,,,jgan lupa brow,,,,pilih yamaha,,ngk nyesal seumur hidup,,,,,pa lg honda desain nya jadul dan suka nyontek,,,,sering gagal produksi,,,,,,,,hati2 plih honda,,,hahahaah,,,
pilih yamaha,,,,lebih baik makan taik babi
udah keliatan dari ulasannya
silakan bagi yg sudah punya vixi beli cb.. yang sudah punya cbf aka megysonmp silakan beli new vixi… 😛
dituku kabeh
Tergantung orangnya masing” mau pilih yang mana, klu ak sih beli dua-duanya, 😀
hati-hati motor tanpa kick stater..
waaah… falling in love sejak pertama liat Honda CB 150R… Mantap… Touring terus nih kayaknya…!!!
Untuk new vixion udh di siapin paket kick stater bagi yg mau di psg tinggal bìlang waktu pembelian
cb 150 streetfire pasti jauhkalahkan vixion…. honda tetap
yg trbaik
Sya ttp milih cb krna body kern apa si vixi body jadul kok di sukai,,??
buta ya lo..jadul tuh honda.liat sekarang model vixion”hi-Bro”
loe yg buta,,jlas2 lebih gagah cb ketimbang si nvl ccd
Love honda cb honda tetap jos,.??,,!
setelah menunggu lama akan lounching cb150r di kota palembang,,ternyata mengecewakan dari segi desain,,dimulai dari bentuk dan posisi speedometer yang terlalu tinggi dan kedepan sehingga menimpa headlamp jadi terlihat seperti benjolan,,tidak ada visor headlamp,,tutup tanki yang menonjol jadi terlihat seperti benjolan juga,,lalu stoplamp yang terlalu besar sehingga menurut saya tidak sesuai dengan konsep streetfire,,dan lampu sein yg juga terlalu besar yg tidak proporsional dengan bodi belakang nya,,
akhirnya setelah melihat cb150r disaat lounching,,gw kecewa dan tetap kembali memilih tiger,,,hehehe
w lgi bingung mau pilih mna vixi dah prnah punya emang vixi bandel and irit bgt klo cb kyk gitu ga ya waduh bingung w
Begini saja, saya hanya bisa kasih klasifikasi potensial buyer:
Dalam keadaan standart:
A. Yang doyan NGEBUT bisa pilih CB150R SF, kitiran mesin melengking 11,5 oktaf.
B. Yang doyan CORNERING bisa pilih NVL, tikungan lebih anteng, lebih hemat waktu di tikungan, torsi besar lebih irit BBM (dikit).
Buat modif:
A. Tantangan terbesar ada di CB150R SF, tentunya tantangan besar hasilnya pasti lebih GAHAR, cocok buat yg ANTI tampilan STD.
B. NVL lebih cocok utk modifikator NEWBIE, modal dikit sudah bisa gaya (cukup ganti TIRE & HEADLAMP BYSON ProJ)
Kesimpulan:
Tipe Konsumen A: Speed Freak, Modifikator Senior (pemain lama), FBH
Tipe Konsumen B: Smooth Racer, Newbie Modifikator (modal cekak), FBY
mantap bro..tp bosen liat piksion naked..yang fairing dong…kyk r15 gtu..
ini mantap yang mana ya ,gy bnggung mw mmilih yg mna nee???
ok Thanks infonya bro
dua-duanya saling mengisi kekurangan,, kalo digabung gimana ya??
scorpio be la,,mju truz
barangxblom muncul dipasar,disini masih samar2 blom jlsbnget,mdh2an vixion bs lbh baik,klo ga bs pd kabur tuh konsumen
yamaha mentingin tampilan tp mesin cemen, lw honda biasa biasa z tp perfoma mesin mantab…. awas enggerno becake leeek… whahaha… beli mahal2 ko g dpet behel blakang sama kick starter.. plat taruh jidat kaya vampir whahaha…cb 150 one hart for u.,. salam damai
kata siapa??? tes dyno itu SHOC nya vixi lebih besar dari ci Cebong,trus pungsinya DOHC dan 6 speed apa??? gak ada gunanya.
kalu gue pngen Vixion dech
bagian bodi belakangnya ngejrrreng bangett..
CB150R aja lah…. Honda terkenal dengan desain ergonomisnya….nyaman dipake harian, ga bikin pinggang terasa patah n bokong panas abis ngangkang seharian…. hehehe…
Yamaha jauh lebih UNGGUL di segala medan karena sudah diuji di GURUN daerah panas, HONDA pasti bermasalah pada mesin yang gampang keok alias kasar dan tangki yang gampang bocor, hati hati broo jangan termakan dengan IKLAN SESAT, kita harus cerdas, karena HONDA butuh perawatan tinggi untuk keluarin KOCEK, kalau YAMAHA nggak akan bikin pusing kepala untuk jangka panjang
Begini saja, saya hanya bisa kasih klasifikasi potensial buyer:
Dalam keadaan standart:
A. Yang doyan NGEBUT bisa pilih CB150R SF, kitiran mesin melengking 11,5 oktaf.
B. Yang doyan CORNERING bisa pilih NVL, tikungan lebih anteng, lebih hemat waktu di tikungan, torsi besar lebih irit BBM (dikit).
Buat modif:
A. Tantangan terbesar ada di CB150R SF, tentunya tantangan besar hasilnya pasti lebih GAHAR, cocok buat yg ANTI tampilan STD.
B. NVL lebih cocok utk modifikator NEWBIE, modal dikit sudah bisa gaya (cukup ganti TIRE & HEADLAMP BYSON ProJ)
Kesimpulan:
Tipe Konsumen A: Speed Freak, Modifikator Senior (pemain lama), FBH
Tipe Konsumen B: Smooth Racer, Newbie Modifikator (modal cekak), FBY
Gw pilih HONDA CB150R,
Cuman 1 alasan.
Karena orang selalu memakai istilah HONDA dalam menyebut motor.
Contoh kalimat : Gw besok jemput kamu pake HONDA ya.
That’s all.
Begini saja, saya hanya bisa kasih klasifikasi potensial buyer:
Dalam keadaan standart:
A. Yang doyan NGEBUT bisa pilih CB150R SF, kitiran mesin melengking 11,5 oktaf.
B. Yang doyan CORNERING bisa pilih NVL, tikungan lebih anteng, lebih hemat waktu di tikungan, torsi besar lebih irit BBM (dikit).
Buat modif:
A. Tantangan terbesar ada di CB150R SF, tentunya tantangan besar hasilnya pasti lebih GAHAR, cocok buat yg ANTI tampilan STD.
B. NVL lebih cocok utk modifikator NEWBIE, modal dikit sudah bisa gaya (cukup ganti TIRE & HEADLAMP BYSON ProJ)
Kesimpulan:
Tipe Konsumen A: Speed Freak, Modifikator Senior (pemain lama), FBH
Tipe Konsumen B: Smooth Racer, Newbie Modifikator (modal cekak), FBY
honda mesinnya paling bandel
di desa2 banyak bebek honda dipake ngangkut2, gand, star, supra
di pegunungan banyak honda GL naek turun
motor honda gw juga udh gw pakek 12 th msh ok2 aja walao jadul
tapi jangan percaya kalo make oli ahm 10w-30 buat 4000km, itu untuk memperpendek masa pakai honda, karena yang bisa menghancurkan mesinnya hanya oli
honda cb 100 4tak tahun 80an masih pada jalan
tapi apakah CB yang ini juga tangguh ato………..
New V-Ixion selangkah lebih maju dri pda CB150R Itu dilihat dri design body,fiture2,teknologinya…
😉 Jokowi for president 2014
motor- motor honda klo udah dipake lama mesinya berisik, boddynya bergetar semua… kaya kena rematik, wahahaha.. udah gitu tampilanya kurang ke anak mudaan, cendrung ke motornya orang tua. klo yamaha anak muda banget…
tapi hati ane berkata pilih ninja 150, hehehe… lebih badboy, kayak preman kampus, wahahah
Engga usah ngejelek jelekin honda, inilah itulah.. yang di butuhin itu koment yang bagus bukan menjelek jelekkan..
kalo ane lebih milih liet ke dealernya langsung gan,tapi jujur ane cinta CB150R :p
loq gue emg lbh suka new vixion, biar handlamp agak jadul. pling tidak gak seperti lampu belakang dan bodi belakang CB150 R.
vixion gk ada hendel blkg masa touring susah mau bw barang
keren semua….
Aiyah…sip jg setubuh …eh salah setuju !!!!
Bego GWe ..ternyata ini marketingan motor…
coba liat baik2 desain ekor nv…..ga sporty apalagi headlampnya. lebih baik cb udh trusted frame apalagi kalo ganti r9 muffler “gahaaaaaar”.